3 Tanda yang Mungkin Bayi Anda Sedang Alami Growth Spurt

Si Kecil menyusu lebih dari umumnya, seakan lapar selama saat? Mungkin saja dia alami growth spurt atau percepatan perkembangan. Tak ada yang butuh Bunda kuatirkan.khawatirkan, growth spurt adalah hal yang normal dalam tumbuh kembang bayi. Yuk Bunda, check sinyal tanda beda growth spurt pada bayi.

Perkembangan fisik yang paling penting biasanya berlangsung sepanjang th. pertama kehidupan Si Kecil. Waktu bayi alami growth spurt, badan bayi juga akan jadi bertambah berat serta panjang dan lingkar kepalanya jadi bertambah besar, lebih cepat dari umumnya.

3 Tanda yang Mungkin Bayi Anda Sedang Alami Growth Spurt

Lonjakan perkembangan ini relatif berlangsung pada saat spesifik seperti saat bayi berumur 2 minggu, 3 minggu serta 6 minggu. Lalu growth spurt dapat sekali lagi berlangsung waktu bayi berusia 3 bln. serta 6 bln.. Growth spurt dapat berjalan sepanjang 1-2 hari pada bayi baru lahir, sampai satu minggu pada bayi yang semakin besar.

Supaya Bunda tidak cemas waktu growth spurt berjalan, ketahui sinyal pertanda di bawah ini.

1. Si Kecil Menyusu Terus

Saat badannya tengah tumbuh secara cepat, lumrah apabila buah hati perlu menyusu semakin banyak. Bila umumnya jumlah bayi menyusu ASI sekitaran 8 kali satu hari, waktu growth spurt dapat jadi 12-14 kali satu hari. Kebiasaan jadwal menyusu dapat juga beralih. Ini adalah sinyal growth spurt yang paling mencolok.

Untuk menyokong tumbuh kembangnya, bunda butuh menyusui kapanpun serta sejumlah apa pun yang bayi perlukan. Produksi Air Susu Ibu (ASI) umumnya juga akan sesuaikan dengan keperluan Si Kecil. Sedang untuk bayi yang menyusu susu formula, pemberian botol ekstra sepanjang sekian hari di rasa cukup untuk penuhi kebutuhannya.

2. Rewel serta Minta Perhatian Lebih

Bayi mungkin saja jadi lebih gelisah serta menginginkan melekat selalu pada bunda. Dia menginginkan dipeluk serta digendong selama saat, serta menangis waktu ditempatkan. Si Kecil juga jadi ramai dihadapan payudara, hingga tampak begitu lapar.

Belum juga di ketahui dengan tentu penyebabnya berubahnya tingkah laku Si Kecil. Peluang bayi terasa capek serta kerepotan karna dayanya terkuras untuk perkembangan yang amat cepat. Peluang yang lain yaitu Si Kecil juga akan menjangkau step perubahan spesifik, seperti berguling atau merangkak.

3. Alur Tidur Berubah

Sekian hari sebelumnya serta sepanjang lonjakan perkembangan, Si Kecil mungkin saja tampak lebih mengantuk serta tidur lebih lama dari kesehariannya. Satu riset tunjukkan kalau sepanjang growth spurt, bayi bisa tidur sampai 4, 5 jam lebih lama dari umumnya. Hal semacam ini bagus untuk pertumbuhannya karna waktu tidur pulas, otak menghasilkan hormon perkembangan atau human growth hormone (HGH).

Tetapi, ada pula type bayi yang jadi lebih sedikit tidur waktu growth spurt. Dia mungkin saja terbangun lebih lama di siang hari atau seringkali terbangun pada malam hari. Umpamanya, dia bangun untuk minta menyusu. Ini hal yang normal.

Penuhi Keperluan Si Kecil

Ikuti saja semuanya keperluan Si Kecil yang tengah tumbuh besar, dimulai saat pertama ia lahir anda harus memenuhi semua perlengkapan bayi baru lahir yang dibutuhkan sampai perlengkapan bayi yang lainnya. Dia memberitahu bunda semuanya kebutuhannya lewat isyarat, apakah menginginkan semakin banyak menyusu, semakin banyak dipeluk atau digendong, saat yang tenang untuk tidur siang, baju yang semakin besar dsb.

Hadapi keadaan ini mungkin saja begitu mengambil alih daya bunda. Oleh karenanya, istirahatlah kapan juga Si Kecil tidur, banyak minum air putih, serta mengkonsumsi makanan bergizi. Hal semacam ini memanglah lebih gampang disampaikan dari pada dikerjakan. Tetapi, bersabarlah karna growth spurt cuma berjalan sesaat serta nanti dia juga akan tenang kembali.

Tetapi, apabila bayimu alami sinyal tanda growth spurt diatas, tetapi dibarengi demam, lesu, atau begitu rewel, mungkin saja dia tengah tidak sehat. Perlu diingat, growth spurt tidaklah hanya satu penyebabnya bayi jadi rewel.

Pergi, tumbuh gigi, sakit enteng, ataupun perubahan kebiasaan dapat juga merubah alur makan, tidur, serta perilaku bayi. Baiknya selekasnya periksakan ke dokter anak, apabila bayimu demam serta rewel atau tunjukkan tanda tidak sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *