5 Resep Search Engine Optimization

Setiap bisnis atau siapun yang memiliki website harus melakukan Search Engine Optimization – dengan tujuan agar website kita berada di posisi paling atas pada halaman hasil pencarian mesin pencari seperti Google dan Bing. Jika berhasil berada di posisi teratas apalagi di halaman pertama hasil pencarian tentunya saja website kita akan mendapatkan banyak pengunjung.

Untuk melakukan Search Engine Optimization yang lebih mendalam untuk website yang kompleks membutuhkan perusahaan atau konsultan khusus di area ini. Namun dengan beberapa resep simpel, kita sendiri bisa menaikan ranking di mesin pencari.

Semua itu butuh usaha, dan berikut ini adalah 5 resep Search Engine Optimization.

1. Keyword

Keyword adalah kata kunci yang orang gunakan untuk mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google. Kita bisa menganalisa kata kunci yang sedang menjadi tren yang paling sering pengguna internet cari di Google, dan memasukannya ke dalam website atau konten website kita. Dengan harapan ketika keyword tersebut dicara oleh pengguna internet, website kita berada pada halaman pertama hasil pencarian.

2. Inbound link

Google menganalisa database semua website, dan mencoba untuk menentukan yang mana yang akan dipilih sebagai konstentan yang akan muncul di halaman pertama mesin pencari. Salah satu faktor adalah Inbound link. Inbound link merupakan link dari website lain yang mengarah ke website kita, yang diharapkan website kita mendapatkan hasil yang bagus pada Google TrustRank. Kamu bisa melakukannya dengan men-submit URL website atau konten yang ada di website kamu ke halaman media sosial atau forum online.

3. TrustRank

Lebih banya link yang website kamu dapat dari website terpercaya lain, akan semakin tinggi TrustRank, dan hasilnya semakin tinggi kesempatan halaman website kamu muncul pada posisi teratas di halaman hasil pencarian. TrustRank merupakan salah satu dari dua faktor utama Google menggunakannya untuk menentukan hasil yang akan ditampilan pada halaman pertama hasil pencarian.

4. Meta Page Title

Meta page title, faktor utama lainnya yang digunakan oleh Google untuk mentukan hasil mana yang akan ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian. Pada dasarnya hal ini merupakan deskripsi singkat mengenai halaman web kamu. Meta page title mirip seperti headline pada surat kabar. Pastinya setiap halaman web memiliki meta page title yang berbeda, dan Google memberi perhatian khusus padanya.

5. URL

URL atau uniform resource locator (URL) merupakan alamat dari halaman web kamu, misalnya saja http://bloghostingindonesia.com/2017/05/5-resep-search-engine-optimization/. Untuk membuat URL yang bagus kamu harus memasukan target keyword yang kamu incar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *