Bengkulu

Bengkulu
Bengkulu, yang secara historis dikenal sebagai Bencoolen atau British Bencoolen,  adalah salah satu Provinsi di Indonesia dan terletak di pesisir barat daya Sumatera. Ini dibentuk pada tanggal 18 November 1968 dengan memisahkan bekas daerah Karesidenan Bengkulu dari provinsi Sumatera Selatan (Sumatra Selatan) berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1967 dan disahkan dengan Peraturan Pemerintah No. 20 tahun 1968. Penyebaran di atas 19.813 km2, berbatasan oleh provinsi Sumatera Barat (Sumatera Barat) ke arah utara, Jambi ke timur laut, Lampung sampai tenggara, Sumatra Selatan (Sumatra Selatan) di sebelah timur, dan Samudera Hindia di barat laut, selatan, barat daya, dan barat.

Bengkulu adalah provinsi terbesar ke 25 menurut wilayah; Kota ini terbagi menjadi sembilan kabupaten dan kota Bengkulu terpisah, ibu kota dan kota terbesar. Bengkulu juga merupakan provinsi terbesar ke 26 dengan jumlah penduduk di Indonesia. Menurut sebuah rilis oleh Badan Pusat Statistik, Indeks Indeks Pembangunan Manusia tertinggi kesebelas di antara provinsi-provinsi, dengan skor sekitar 0,744 pada tahun 2013. Pada tahun 2014, provinsi ini menempati posisi tertinggi ke-28 dalam produk domestik bruto dan tertinggi dalam ekspektasi tertinggi ke-20, 70,35 tahun .

Provinsi Bengkulu tidak hanya terdiri dari daratan di Sumatera barat daya, tapi juga meliputi Pulau Mega dan Pulau Enggano di Samudera Hindia. Bengkulu memiliki 525 kilometer garis pantai di sepanjang Samudra Hindia di sisi baratnya, dari Dusun Baru Pelokan di Kabupaten Muko-Muko sampai Tebing Nasal di Kabupaten Kaur. Bengkulu adalah rumah bagi banyak sumber daya alam seperti batu bara dan emas, dan memiliki sumber panas bumi yang besar dan potensial. Selain itu, hal ini kurang berkembang dibandingkan provinsi lain di Sumatera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *