Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Tepat Agar Terhindar Dari Kuman Dan Bakteri

Cara Membersihkan Botol Susu Bayi Yang Tepat Agar Terhindar Dari Kuman Dan Bakteri

Cara membersihkan botol susu bayi- Banyak ahli gizi yang menjelaskan bahwa kebanyakan bahan botol susu terbuat dari material plastik berjenis polycarbonat (PC). Apabila direbus, maka kemungkinan plastik tersebut akan menghasilkan residu kimia yang bernama bisphenol A sebagai zat kimia berbahaya.

Mencuci Dan Mensterilkan Botol Susu Bayi

Hal yang harus dilakukan pertama kali yaitu mencuci kemudian mensterilkan botol tersebut. Adapun cara membersihkan botol susu bayi yang tepat adalah sebagai berikut :

  1. Pertama-tama kumpulkan botol bayi yang hendak dicuci dalam satu tempat khusus untuk membersihkan botol-botl susu bayi, lalu buka tutup botol, nipple serta tutup antisnya.
  2. Sebelum membersihkan botol susu, persiapkan panci lalu isi ½-3/4 panci tersebut dengan air kemudian didihkan.
  3. Saat Anda menunggu air sampai mendidih, sebaiknya cuci botol susu beserta peralatan lainnya memakai sabun pembersih khusus peralatan bayi dengan memakai spon berikut sikat botol apabila diperlukan, kemudian bilas sampai bersih.
  4. Apabila air dalam panci sudah benar-benar mendidih, masukkan satu per satu bagian pada botol susu tersebut kemudian rebus selama 5 menit, lalu angkat botol beserta bagian lainnya memakai penjepit botol lalu keringkan.

Ingat, jangan biasakan mensterilkan botol dengan merebusnya terlebih dulu, sebab hal tersebut bisa berbahaya untuk kesehatan anak. Hal tersebut sudah dijelaskan oleh direktur BPOM (Badan Pengawasan Obat dan Makanan).

Menurut ahli kesehatan, karena kebanyakan botol bayi dibuat dari bahan plastik Polycarbonat, maka jika direbus kemungkinan besar plastik tersebut memproduksi residu Bisfenol A tadi yang bisa berbahaya karena dapat mengganggu hormon tubuh si kecil. Selain itu, alangkah baiknya untuk tidak membersihkan botol susu bayi menggunakan sikat keras sebab bisa menggores botol susu bagian dalam dan bisa memicu produksi senyawa berbahaya.

Perlu kita ketahui, bisphenol A atau BPA adalah senyawa kimia sintesis, biasanya dimanfaatkan pada proses produksi plastik polycarbonat sekaligus sebagai bahan material plastik bening dengan sifat yang kuat. Material BPA ini kebanyakan dipergunakan pada pembuatan peralatan makan bayi, kepingan DVD/CD dan produksi botol minuman.

Tips Membersihkan Botol Susu Bayi

Kebersihan peralatan si kecil tentu saja merupakan hal paling utama yang wajib diperhatikan setiap orang tua, terlebih lagi untuk botol susu. Dengan mengetahui cara membersihkan botol susu bayi yang benar dapat mencegah bakteri dan kuman menempel dalam botol susu, yang bisa berakibat fatal bagi kesehatan si kecil. Adapun tips membersihkan botol susu bayi yang pertama yaitu cuci botol dengan segera sesudah digunakan. Sesudah selesai memberi susu pada si kecil, langsung cuci botol susu bayi tersebut di bak pencuci.

Cara membersihkan botol susu bayi tersebut dapat mencegah sisa kotoran susu terakumulasi di bagian dalam botol. Pakai alat yang bisa mensterilkan botol bayi. Saat Anda hendak mensterilkan botol bayi, Anda bisa melakukannya memakai alat sterilisasi dari uap listrik atau berupa alat sterilisasi uap dari microwave.

  • Dengan tipe-tipe alat sterilisasi tadi, botol direndam terlebih dulu dalam uap bertemperatur sekitar 212 derajat fahrenheit, hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri-bakteri yang terdapat pada
  • Dengan menggunakan alat sterlisasi listrik, Anda cukup menambahkan air kemudian menata botol, karet dot dan cincin dot lalu tutup alat dengan penutupnya dan colokkan alat tadi pada listrik kemudian nyalakan. Sterilisasi ini membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Itulah cara membersihkan botol susu bayi dan mensterilkannya dengan tepat untuk mencegah terakumulasinya bakteri dan kuman dalam botol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *