Cara Mengakses Website Yang Down

Pernah kamu mengalami kejadian, dimana pada saat kamu mengunjungi satu website, website tersebut tidak bisa diakses alias down. Biasanya pesannya seperti “This site can’t be reached.” Baik apakah website tersebut down untuk beberapa menit atau bahkah sudah bertahun-tahun down, ada beberapa cara dimana kita bisa melihat kontennya. Kali ini saya akan menunjukan cara untuk mengakses website yang down menggunakan versi cached-nya.

Mengakses Website Yang Down Dengan Google Cache

Mengakses Website Yang Down

Google dan mesin pencari lainnya sering mendownload dan menyimpan copy dari website yang mereka index. Jika website tersebut down, pengguna internet dapat mengaksesnya dengan melihat versi cached terbaru dari website tersebut.

Misalnya kamu melakukan pencarian di Google, ketika kamu mengklik website yang diinginkan, namun ternyata website sedang down. Tekan tombol back atau kembali ke halaman hasil pencarian, pada link website yang kamu inginkan, klik tombol tanda panah kebawah yang berwarna hijau disebelah URL. Pilih Cached.

Maka akan terbuka versi cached dari website yang kamu inginkan. Dan di atasnya terlihat tanggal terakhir dari website ini di cached oleh Google.

Jika cached website yang diinginkan lama terbuka, klik “Text-only version.” Seketika halaman akan terbuka, namun kamu sama sekali tidak akan melihat gambar, tampilan web hanya berupa teks.

Ada juga cara jika kamu tidak membuka website dari Google terlebih dahulu atau langsung memasukan URL-nya. Jika website tidak bisa kamu akses atau down, kamu bisa menambahkan alamat cached lengkapnya seperti dibawah ini:

http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:example.com/

Ganti example.com dengan alamat website yang kamu inginkan.

Jika kamu menggunakan mesin pencari Microsoft Bing, mesin pencari ini juga menawarkan fitur cached. Sama seperti Google Search, pada halaman pencarian di Bing di setiap URL website ada pilihan Cached Page untuk melihat versi cached suatu website.

Mengakses Website Yang Down Dengan Wayback Machine

Mengakses Website Yang Down

Wayback Machine merupakan internet archive yang menyimpan copy dari website. Berbeda dengan cached Google Search yang menawarkan copy cached yang paling baru, Wayback Machine menawarkan beberapa versi yang lebih tua dari suatu website. Kamu bisa melihat tampilan website beberapa tahun yang lalu.

Cara menggunakan Wayback Machine, tinggal masuk ke halaman webnya. Lalu masukan alamat website yang diinginkan dan klik Browse History. Kamu bisa melihat versi cached dari beberapa tahun kebelakang.

Seperti yang kamu lihat pada gambar diatas, yang merupakan tampilan Google Search di tanggal 11 November 1998.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *