Ciri ciri Menderita Miom

Ciri ciri Menderita Miom

Ciri ciri Menderita Miom – Ciri-ciri menderita penyakit miom memang sangat penting untuk diketahui, sebab jika kita mengetahui ciri-ciri atau gejala penyakit dari awal maka kita dapat melakukan menanganan sedini mungkin untuk mencegah segala sesuatu yang tidak diharapkan. Mungkin anda sudah pengetahui apa itu penyakit miom, karena penyakit ini sudah menjadi momok di kalangan wanita. Penyakit miom merupakan istilah medis dari tumor yang tumbuh pada dinding rahim, tumor itu sendiri muncul dari pertumbuhan otot dinding rahim yang abnormal.

Ciri ciri Menderita Miom
Having cramps

Miom dapat memiliki ukuran sebesar biji kacang polong atau bahkan lebih besar sampai sebesar buah anggur. Tumor miom merupakan salah satu tumor jinak yang tidak membahayakan, tetapi jika terus menerus di biarkan tanpa penanganan yang benar maka cepat atau lambat miom ini akan berkembang menjadi tumor dinding rahim yang akan membesar. Pada umumnya beberapa wanita tidak pernah menyadari bahwa dirinya menderita miom, hal inio sebabkan karena penyakit miom tidak akan menimbulkan gejala apapun pada awal masa pertumbuhannya.

Miom akan tumbuh secara perlahan tanpa disadari oleh penderitanya, penyakit ini baru akan diketahui dan memunculkan gejala ketika penderita berusia 30-40 tahun. Faktor penyebab terbentuknya miom adalah karena ketidak seimbangan emosi seperti sering mengalami stress, daya tahan tubuh menurun, gaya hidup yang tidak sehat dan seimbang, semua hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada hormon yang kemungkinan dapat menyebabkan miom tumbuh di rahim anda.

Tidak hanya itu, pertumbuhan miom juga di pengaruhi oleh faktor hormonal, terutama hormon estrogen. Miom lebih cenderung benrkembang pada saat masa reproduksi, dan dapat membesar dengan cepat semasa kehamilan. Dimana pada saat itu kadar estrogen sedang berada dalam skala yang tinggi, miom biasanya baru akan menyusut setelah seorang wanita memasuki masa menopause. Karena pada saat itu kadar estrogen didalam tubuh akan menurun. Selain hormon estrogen, pertumbuhan miom juga dapat di pengaruhi oleh hormon lain seperti misalnya progesteron.

Ciri-ciri menderita miom dapat dikenali dengan tanda atau gejala seperti berikut ini:

  • Nyeri diperut atau di pinggul.
  • Perut terasa penuh.
  • Nyeri saat melakukan hubungan intim.
  • Sering mengalami anemia ketika haid.
  • Seperti adanya penekanan pada panggul.
  • Infertilitas atau keguguran.
  • Gangguan ginjal disebabkan oleh pembengkakan pada tangkai tumor.
  • Terjadi perdarahan yang mengeluarkan banyak darah baik pada saat terjadinya menstruasi atau pun di luar menstruasi.
  • Susah hamil.
  • Merasa kenyal di bagian bawah perut dekat rahim ketika ditekan.
  • Susah BAB dan buang air kecil.
  • Pelebaran pembuluh darah vena dalam panggul.
  • Konstipasi (sembelit).
  • Terjadi penekanan di bagian ureter, kandung kemih, rektum atau organ rongga panggul lainnya.

Itulah beberapa ciri menderita miom yang sangat penting sekali untuk anda ketahui. Pentingnya informasi ini berguna untuk melakukan pendeteksian penyakit dari dini untuk mencegah perkambangan penyakit menjadi semakin parah. Jika anda mengalami bebarapa keluhan atau ciri-ciri yang sama seperti yang ada diatas, maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebab gejala yang anda rasakan.

Sumber : http://www.beritaharianmu.com/cara-menyembuhkan-miom-tanpa-operasi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *