Contoh Teks Berita Dalam Proposal Peternakan

Contoh Teks Berita Dalam Proposal Peternakan – Kali ini saya akan membagikan contoh teks berita dalam proposal peternakan. Sapi yang dipelihara mayoritas adalah sapi laktasi jenis FH. Hasil survei menunjukan bahwa jenis sapi perah yang paling cocok dan menguntungkan untuk dibudidayakan di Indonesia adalah FH (Nasrul, 2010). Pakan di PT. UPBS terdiri atas pakan hijauan dan konsentrat. Sapi perah yang sedang berproduksi susu memerlukan pakan hijauan dan konsentrat (Siregar, 2007). Pakan hijauan yang diberikan adalah rumput raja (king grass) yang diperoleh dari kebun rumput seluas 36,84 ha yang ada di PT. UPBS. King grass dipanen pertama kali saat usianya mencapai dua bulan, setiap harinya king grass dipanen sebanyak 40 ton (tergantung musim). Hijauan yang lain adalah silase tanaman jagung. Kriteria tanaman jagung yang akan dibuat silase di PT. UPBS berumur lebih kurang tiga bulan.

Contoh Teks Berita Dalam Proposal Peternakan

Dalam proposal ini terdapat contoh teks berita dengan susunan teks yang baik dan benar. PT. UPBS menggunakan bahan pakan konsentrat yang terdiri dari beberapa jenis yaitu jagung pipil, biji gandum, dried distillers grains with soluble (DDGS), soybean meal (SBM), kopra dan biskuit. Bahan pakan sebelum diterima dilakukan pengecekan fisik atau organoleptik yaitu warna, bau dan ada tidaknya zat asing dalam bahan pakan, setelah selesai kemudian bahan pakan disimpan untuk selanjutnya dibuat konsentrat sendiri oleh PT. UPBS. Pembuatan konsentrat dibagi menjadi dua jenis yaitu konsentrat untuk sapi produksi susu rendah atau dibawah 19 kg per hari dan konsentrat untuk sapi produksi susu tinggi atau diatas 29 kg per hari dengan pembuatan konsentrat masing-masing sebanyak 18 ton untuk penggunaan satu hari kedepan.

Pemberian pakan dilakukan dengan sistem grup. Frekuensi pemberian pakan adalah satu kali dalam sehari dan diberikan setiap pagi hari setelah pakan sisa kemarin diambil. Pakan diformulasikan dan dihitung berdasarkan kebutuhan per individu sapi kemudian dikalikan dengan banyaknya populasi sapi pada setiap kandang. Berikut adalah tabel formulasi pemberian pakan yang digunakan di PT. UPBS. Proposal ini mengandung contoh teks berita yang berpedoman pada struktur yang ada.

PT.UPBS memberikan pakan dalam bentuk TMR. TMR atau pakan komplit adalah suatu jenis bahan yang dirancang untuk produk komersial bagi ternak ruminansia yang didalamnya sudah mengandung sumber serat, energi, protein, vitamin dan mineral dan semua nutrien yang dibutuhkan untuk mendukung kinerja produksi dan reproduksi ternak dengan imbangan yang memadai (Agustina, 2011). Demikianlah penjelasan mengenai contoh teks berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *