Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sapi Perah

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sapi Perah – Artikel ini akan membagikan contoh teks laporan hasil observasi tentang sapi perah. Jika terdapat rantai yang berwarna biru maka puting yang terkena mastitis sudah sembuh dan masih dibutuhkan pengontrolan. Apabila terserang E. Coli maka diobat dengan marbocyl 10 % dan penstrep yang disuntikan secara intra muscular. Apabila sapi tersebut terkena mastitis sebanyak empat kali dalam satu laktasi dan memiliki SCC yang tinggi, sapi tersebut dapat diafkir. Metritis merupakan penyakit peradangan uterus yanng umumnya terjadi akibat terlambatnya pengeluaran plasenta sehingga terjadi pembusukan plasenta didalam organ reproduksi betina. Selain itu, masuknya tangan saat proses kelahiran juga dapat menyebabkan metritis. Ciri-ciri sapi yang mengalami metritis ialah mengeluarkan cairan dari vulva dengan warna merah keruh bahkan berwarna putih, jika parah akan mennyebabkan bau busuk terutama daerah sekitar vulva.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Tentang Sapi Perah

Hasil penelitian sapi perah ini ialah contoh teks laporan hasil observasi yang telah disusun dengan baik dan benar. Untuk menangani dilakukan pemberian bolus amphoprim sebanyak 2 bolus yang diletakkan pada uterus yang bertujuan untuk mempercepat peluruhan plasenta.
Prolapsus merupakan kejadian dimana organ reproduksi dalam betina keluar. Hal ini disebabkan oleh kekuatan sapi yang merejang kuat saat melahirkan, ukuran uterus yang besar dan rahim yang tidak kuat. Penanganannya ialah melakukan operasi dengan memasukan organ reproduksi tersebut dan menjahitnya agar tetap pada posisinya, diharapkan 4-5 hari akan kembali seperti semula.

LDA merupakan kelainan organ pencernaan karena terjadinya penimbunan gas didalam abomasum yang menyebabkan abomasum berpindah posisi disebelah kiri dan mendorong rumen sehingga perut terlihat besar. Perubahan tersebut dapat menyebabkan kurangnya penyerapan pakan serta mengganggu pernapasan akibat pendorongan rongga dada dan paru-paru. LDA rentan pada sapi fresh cow karena setelah melahirkan akan terdapat rongga perut yang kosong terutama pada sapi laktasi dua dan tiga karena kerangka perutnya cukup besar. Laporam ini salah satu contoh teks laporan hasil observasi yang bertemakan sapi perah.

Gejala sapi yang terkena LDA ialah pembesaran perut sebelah kiri karena terdapat gas pada rumen, sapi gelisah, berjalan tidak seimbang, kurus, dengan penurunan produksi susu dan nafsu makan, sapi bernafas dengan mulut. Saat kondisi sapi berbaring, pernafasan dilakukan dengan menjulurkan lidahnya serta terdengar ping sound saat dilakukan pengecekan pada daerah tulang rusuk saat diketuk-ketuk dan didengarkan menggunakan stetoskop. Demikianlah contoh teks laporan hasil observasi yang dapat saya bagikan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *