Contoh Teks Prosedur Yang Panjang

Contoh Teks Prosedur Yang Panjang – Dalam contoh teks prosedur dibuat dengan baik dan berpedoman pada hal yang yang terdpat didalamnya. Jenis teks ini berhubungan dengan cara melakukan, prosedur aupun pndungan dalam melakukan ataupun membuat sesuatu. Jensi teks ini juga merupakan salah satu jenis teks bahasa Indonesia yang berisi panduan dalam melakukan sesuatu. Untuk contoh teks ini dapat kita jumpai dalam media online maupun offline. Bahkan penggunaannya juga tidak terleps dari kehidupan kita sehari hari. Misalnya pengoperasian omputer, hp, membuat masakan dan masih banyak lagi. Hal tersebutlah yang dinamakan prosedur atau panduan yang dapat anda jumpai.

Contoh Teks Prosedur Yang Panjang

Untuk jenis contoh teks prosedur memiliki sifat yang informatif karena memberikan langkah langkah panduan yang sesuai. Untuk media offline anda dapat menjumpainya dalam buku resep makanan. Contohnya membuat nasi liwet, membuat nasi uduk, membuat jus mangg dan masih banyak lagi. Saya akan memberikan contoh teksnya dengan prosedur cara membuat jus mangga. Jus merupakan suatu minuman yang sangat enak degan berbahan dasar buah. Jus tersebut juga dapat membta tenggorokan menjadi lebih segar. Jus tersebut dapat menjadi pilihan ketika cuaca cuaca panas. Menyegarkan bila dpt meminumnya.

Inilah contoh teks prosedur membuat jus mangga. Sebelumnya anda harus menyiapkan alat dan bahan yang digunakan. Sediakan mangga segar dengan kualitas yang bagus, seperti buah mangga arum manis. Selanjutnya menyediakan gula dengan takaran 2,5 sendok makan. Manis gula tersebut dapat anda sesuaikan dengan selera. Anda juga harus menyediakan air sebanyak 410 ml. Anda juga dapat menyediakan es batu maupun es serut sesuai kebutuhan. Selanjutnya terdapat tahap pembuatannya. Tahap pertama ialah mengupas mangga dan mencucinya. Kemudian potong mangga sampai berbentuk dadu kecil. Masukkan mangga, air, gula dan es kedalam blander.

Tahap contoh teks prosedur membuat ialah menghaluskan bahan bahan tersebut sampai benar benar tercanpur dengan merata. Setelah benar benar halus, maka jus mangga dapat dituang kedalam gelas. Hiasi jus tersebut dengan toping sesuai selera. Maka jus siap untuk diminum. Tentunya mudah untuk dilakukan bukan. Untuk bahan bahannya dapat dicampur dan ditambahkan dengan bahan lainnya sesuai selera. Bagi anda yang memiliki penyakit diabetes maka dapat menyesuaikan takaran gulanya. Anda juga dapat menambahkannya dengan yogurt. Inilah contoh prosedur teks yang dapat saya bagikan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *