Islamic Center Samarinda, Masjid Dengan Kubah Yang Besar

Masjid Islamic Center Samarinda yaitu masjid yang terdapat di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang disebut masjid termegah serta paling besar ke-2 di Asia Tenggara sesudah Masjid Istiqlal. perlu referensi Dengan latar depan berbentuk tepian sungai Mahakam, masjid ini mempunyai menara serta kubah besar yang berdiri tegak.

Masjid ini mempunyai luas bangunan paling utama 43. 500 mtr. persegi. Untuk luas bangunan penunjang yaitu 7. 115 mtr. persegi serta luas lantai lantai dasar 10. 235 mtr. persegi. Sesaat lantai basic masjid seluas 10. 270 mtr. persegi serta lantai paling utama seluas 8. 185 mtr. persegi. Sedang luas lantai mezanin (balkon) yaitu 5. 290 mtr. persegi. Tempat ini terlebih dulu adalah tempat sisa areal penggergajian kayu punya PT Inhutani I yang lalu dihibahkan pada Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur.

Bangunan masjid ini mempunyai sejumlah 7 menara dimana menara paling utama setinggi 99 mtr. yang berarti asmaul husna atau beberapa nama Allah yang jumlahnya 99. Menara paling utama itu terdiri atas bangunan 15 lantai semasing lantai setinggi rata-rata 6 mtr.. Disamping itu, anak tangga dari lantai basic menuju lantai paling utama masjid jumlahnya sejumlah 33 anak tangga. Jumlah ini berniat disamakan dengan sepertiga jumlah biji tasbih.

Histori Masjid Islamic Center Samarinda – Kaltim

Pembangunan Islamic Center diinginkan bisa menghidupkan semangat kebersamaan dalam usaha hadapi masa global, terkecuali adalah tuntutan orang-orang untuk Samarinda mempunyai satu fasilitas tempat beribadah yang ideal. Tempat tempat berdirinya ini terlebih dulu adalah areal penggergajian kayu punya PT. Inhutani I yang lalu dihibahkan pada Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur. Project Islamic Center Samarinda didanai dengan dana APBD Pemerintah provinsi Kalimantan Timur di bawah Gubernur Kalimantan timur (waktu itu) Suwarna Abdul Fatah.

Sistem perencanannya melibatkan konsultan perencana arsitektur PT. Anggara Architeam, perencana susunan PT. Perkasa carista estetika, Perencana M&E oleh PT. Meco Systech Internusa serta perencana estetika Biro Arsitektur Achmad Noe’man. Konsultan pengawas yang mengawasi jalannya pembangunan ICS Kalimantan timur dipercayakan pada PT. Adiya Widyajasa sedang proses pembangunannya dipercayakan pada Kontraktor PT. Keseluruhan Bangun Persada Tbk.

Terkecuali menara paling utama, bangunan ini mempunyai 6 menara dibagian bagian masjid. Semasing 4 di tiap-tiap pojok masjid setinggi 70 mtr. serta 2 menara dibagian pintu gerbang setinggi 57 mtr.. Enam menara ini berarti jadi 6 rukun. Untuk info lebih komplit mengenai Masjid Islamic Center Samarinda ilahkan saksikan disini

Rancangan menara MICS di-ilhami dari menara masjid Nabawi di Madinah Almukarromah, serta kubah masjid intinya di-ilhami masjid Haghia Sophia di Istambul – Turki. Tempati ruang seluas +/- 8 hektar, sediakan tempat terbuka untuk orang-orang kota Samarinda, termasuk juga ruang parkir serta taman yang luas komplit dengan pohon kurma yang ditanam di halaman depan lokasi masjid mendatangkan kesan Timur Tengah di kota Samarinda. Luas bangunan paling utama Islamic Center Samarinda seluas 43. 500 m2, luas bangunan 7. 115 m2, luas lantai lantai dasar 10. 235 m2, sesaat lantai basic masjid seluas 10. 270 m2, serta lantai paling utama seluas 8. 185 m2, sedang luas lantai mezanin 5. 290 m2.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *