Katarak kongenital, Katarak Pada bayi yang harus di Waspadai

Jika Anda diberi tahu bahwa bayi Anda yang baru lahir memiliki katarak kongenital, ini berarti lensa mata alami berawan dan tidak bersih. Penglihatan bisa terhambat sejauh operasi katarak mungkin diperlukan untuk menghilangkan lensa alami anak Anda (yaitu katarak).

Pada sekitar 0,4 persen dari semua kelahiran, katarak bawaan ditemukan atau segera berkembang. * Tidak semua katarak kongenital memerlukan operasi pengangkatan, tapi banyak yang melakukannya.Katarak yang hanya awan bagian periferal dari lensa mungkin tidak perlu dihilangkan, karena penglihatan sentral tetap tanpa hambatan. Katarak yang sangat kecil juga bisa dianggap terlalu tidak penting untuk memerlukan pembedahan.

Apa Penyebab Katarak Bawaan?

Katarak yang mengaburkan lensa alami mata biasanya terkait dengan proses penuaan. Tapi katarak bawaan terjadi pada bayi yang baru lahir karena berbagai alasan yang dapat mencakup kecenderungan mewarisi, infeksi, masalah metabolik, diabetes, trauma, radang atau reaksi obat.

Sebagai contoh, antibiotik tetrasiklin yang digunakan untuk mengobati infeksi pada wanita hamil telah terbukti menyebabkan katarak pada bayi yang baru lahir.

Katarak kongenital juga dapat terjadi ketika, selama kehamilan, ibu mengembangkan infeksi seperti campak atau rubella (penyebab paling umum), rubeola, cacar air, sitomegalovirus, herpes simpleks, herpes zoster, poliomielitis, influenza, virus Epstein-Barr, sifilis dan toksoplasmosis

Bayi dan anak yang lebih tua juga dapat didiagnosis dengan katarak, yang dikenal sebagai katarak anak-anak, untuk alasan yang serupa.

Namun, trauma yang terkait dengan kejadian seperti pukulan mata adalah penyebab yang mendasari pada 40 persen kasus katarak pada anak yang lebih besar.

Juga, pada 33 persen kasus katarak anak-anak, anak-anak terlahir dengan katarak bawaan yang pada awalnya dapat diabaikan. **

Dalam mewarisi dan bentuk lain dari katarak bawaan, kelainan dapat terjadi pada pembentukan protein yang penting untuk menjaga transparansi lensa alami mata.

Jenis Katarak Bawaan

  • Katarak anterior anterior didefinisikan dengan baik, terletak di bagian depan lensa mata dan dianggap umum terkait dengan sifat bawaan. Jenis katarak ini sering dianggap terlalu kecil untuk memerlukan intervensi bedah.
  • Katarak polar posterior juga terdefinisi dengan baik, namun muncul di bagian belakang lensa mata.
  • Katarak nuklir muncul di bagian tengah lensa dan merupakan bentuk yang sangat umum dari katarak kongenital.
  • Katarak cerulean biasanya ditemukan di kedua mata bayi dan dibedakan dengan titik-titik kebiruan kecil di lensa. Biasanya, jenis katarak ini tidak menyebabkan masalah penglihatan. Katarak cerulean tampaknya terkait dengan kecenderungan yang diwariskan.

sumber >> http://www.hargagamatemaskapsul.com/penyebab-katarak-di-usia-muda/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *