Langkah Mengobati Luka Bakar dengan Kulit Ikan Nila

Langkah Mengobati Luka Bakar dengan Kulit Ikan Nila
Langkah Mengobati Luka Bakar dengan Kulit Ikan Nila

Obat alami luka bakar? Mungkin saja nyaris semuanya dari Kamu tentu sempat merasakannya. Umpamanya waktu terserang percikan dari minyak goreng waktu memasak atau saat dengan tidak berniat kaki Kamu menyenggol knalpot motor yang masih tetap panas. Tentu terbayang bagaimana rasa perih sakitnya ini. Ada juga obat luka bakar yang telah diklaim begitu manjur tanpa ada memakai obat salep tetapi memakai kulit dari ikan tilapia atau yang di Indonesia di kenal dengan ikan nila.

Apakah benar kulit ikan nila dapat jadi obat luka bakar?

Inspirasi dari memakai kulit ikan ini jadi obat luka bakar dengan diawali sulitnya stock jaringan kulit hewan babi beku atau stok jaringan dari kulit manusia (memiliki kandungan kolagen) yang umumnya digunakan dalam menyembuhkan luka bakar. Kondisi susah ini juga mengharuskan beberapa peneliti Brasil mencari alternatif yang lain. Jadi satu diantara penyembuhan yang diketemukan untuk menyembuhkan luka itu yaitu memakai kulit ikan tilapia atau nila.

Terlebih dulu beberapa peneliti di China sudah mempelajari mengenai hal semacam ini serta mempraktikkannya pada tikus. Bedanya di Brasil, peneliti mereka segera memakainya pada beberapa pasien. Ketika dikerjakan riset, sejumlah 56 pasien yang alami luka bakar tingkat dua serta tiga ditest dengan memakai penyembuhan itu. Akhirnya d iluar sangkaan, kulit ikan tilapia mengobati luka bakar bahkan juga lebih cepat dibanding penyembuhan yang memakai salep.

Cara penyembuhan luka bakar dengan memakai kulit ikan tilapia, atau ikan nila, dikerjakan oleh tim dokter di Dr Jose Frota Institute Burns Unit di Fortaleza, satu lokasi di timur laut Brasil. Obat luka bakar dengan ikan nila ini dipercaya adalah yang awal dalam histori kesehatan.

Riset ini telah mulai diperkembang oleh satu tim peneliti yang dikepalai oleh Dr Odrico Moraes mulai sejak dua tahun waktu lalu, di Nucleus of Research and Development of Medicines (NPDM) di Federal University of Ceara (UFC). Beberapa peneliti ini temukan kalau nyatanya kulit ikan tilapia memiliki kandungan pelembap, kolagen serta lebih tahan dari penyakit. Walau sebenarnya umumnya kulit ikan ini seringkali dibuang demikian saja, sesudah dagingnya dikonsumsi.

Bagaimana caranya menyembuhkan luka bakar dengan kulit ikan nila?

Penyembuhan luka bakar memakai ikan nila termasuk begitu gampang. Kulit ikan tilapia yang sudah diolah demikian rupa supaya steril serta aman untuk dipakai untuk perlakuan medis setelah itu ditempelkan dengan segera di bagian yang terserang luka bakar lalu ditutup dengan perban. Saat dipakai kulit ikan tidaklah perlu ditukar.

Sesudah 10 hari, dokter yang juga akan melepas perban itu. Kulit ikan itu telah jadi kering serta luka bakar juga diklaim pulih. Rasa sakit pada pasein luka bakar diklaim juga akan segera jauh menyusut saat ditempeli kulit ikan tilapia. Jadi pasien akan tidak juga akan tergantung pada obat penahan sakit sekali lagi.

Bagaimana kulit ikan nila dapat menyembuhkan luka bakar?

Nah, Kamu tentu penasaran mengapa ikan nila dapat jadi obat luka bakar. Sesungguhnya kulit ikan tilapia memiliki kandungan kolagen yang tinggi hingga berikan kelembaban yang lebih lama. Hal semacam ini bermanfaat untuk buat jaringan baru untuk menukar jaringan yang terbakar. Diluar itu, kulit ini kaya omega 3 yang disebut anti-oksidan. Komponen ini bisa menentramkan peradangan yang berlangsung hingga pasien juga bisa terasa tambah nyaman sepanjang sistem pengobatan. Pemakaiannya juga aman karna kulit ini biokompatibel dengan kulit manusia.

Argumen beda mengapa penyembuhan luka bakar di Brasil mempopulerkan penggunaan sisik ikan tilapia yaitu karna jumlah populasi dari ikan ini yang begitu besar. Pastinya dengan sumber daya ikan yang demikian banyak buat harga penyembuhan memakai ikan ini tambah lebih murah dibanding cara penyembuhan yang lain.

Diluar itu penyembuhan memakai kulit lebih efisien karna cukup sekali penggunaaan serta sesudah satu minggu, kulit ikan dibuang. Terang dengan harga yang murah ini, cara penyembuhan ini juga akan begitu menolong orang-orang. Kurang lebih, apakah cara ini juga akan juga dipakai di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *