Mitos Tentang Makanan Pendamping ASI

waktu tepat mengenalkan makanan pendamping asi pada bayi

Bayi membutuhkan energi dan nutrisi untuk kebutuhan tumbuh kembangnya. Oleh karenanya, seorang bayi selain membutuhkan ASI ekslusif selama enam bulan pertama dari sejak kelahirannya, bayi juga membutuhkan makanan tambahan yang kaya nutrisi dan gizi. Karena jika hanya mengonsumsi ASI saja kebutuhan nutrisinya tidak tercukupi. Jika hal itu dibiarkan, maka bayi akan terancam mallnutrisi atau kekurangan gizi. Tentu saja hal itu akan mengganggu proses tumbuh kembangnya. Apalagi proses tumbuh kembang bayi pada usia 6 bulan sangatlah pesat dan sangat menentukan tumbuh kembang bayi pada tahap selanjutnya. Karena dasar itulah jika bayi sudah berusia 6 bulan, para orang tua yang bijak akan berusaha untuk menemukan produk makanan pendamping asi yang benar-benar dibutuhkan oleh bayinya.

Dalam proses pencarian menemukan produk makanan pendamping asi yang tepat, janganlah terpengaruh oleh berbagai promo produk atau mitos yang banyak berkembang di masyarakat. Karena baik promo produk ataupun sebuah mitos yang berkembang di masyarakat jebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Selain itu, buktinya di lapangan pun belum tentu dapat dibuktikan. Berikut adalah beberapa mitos yang berkembang di masyarakat yang berkenaan dengan makanan tambahan untuk seorang bayi.

Manfaat Pemberian Makanan Pendamping ASI Pada Bayi

syarat pemberian mpasi

  • Makanan tambahan yang baik untuk seorang bayi adalah makanan yang banyak mengandung zat gizi dan nutrisi seperti halnya gizi dan nutrisi orang dewasa. hanya saja sajian makanannya harus disajikan dalam tekstur yang lembut sehingga mnudah ditelan oleh seorang bayi. Anggapan tersebut tentulah keliru. Karena walau bagaimanapun, kebutuhan tumbuh kembang seorang bayi pasti berbeda dengan kebutuhan gizi orang dewasa. misalnya saja seorang bayi masih dalam proses tumbuh kembang yang pesat sementara orang dewasa sudah tidak lagi tumbuh. Hal itu pastinya membutuhkan komposisi nutrisi dan gizi yang berbeda. Hal itu dapat dilihat dari kebutuhan akan omega 3, AHA,DHA,dan kalsium pada bayi juah lebih dibutuhkan daripada orang dewasa. karena zat-zat tersebut dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang otak bayi yang belum permanen.
  • Makanan tambahan yang baik untuk bayi adalah makanan yang memiliki harga mahal dan merk terkenal. Hal itu pastilah salah besar. Karena mitos tersebut biasanya muncul sebagai efek dari banyaknya kegiatan promosi produk makanan tambahan untuk bayi yang banyak digembor-gemborkan media massa. Apalagi setelah berkembangnya teknologi komunikasi dan semakin meluasnya penggunaan gadget di masyarakat. Pengaruh iklan cukup mempengaruhi pola pikir masyarakat secara luas. Makanan tambahan yang berkualitas baik dan efektif untuk tumbuh kembang seorang bayi bukanlah ditentukan oleh merk dan harganya. Melainkan kualitas yang bagus itu jika terbukti tidak menimbulkan reaksi alergi dari tubuh bayi itu dan juga sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan gizinya untuk proses tumbuh kembang yang sedang berlangsung.

Itulah dua mitos tentang makanan pendamping asi yang santer terdengar di masyarakat kita.

Referensi Artikel: https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/mengenal-makanan-pendamping-asi-bersama-dr-hanipurnamasari-msimed-spa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *