Obat Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis

Obat Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis

Obat Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis – Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring serta mengeluarkan racun ataupun kelebihan mineral dalam tubuh melalui urine. Batu ginjal menjadi salah satu masalah pada ginjal yang mampu akibatkan tubuh mengalami keracunan.

Obat Batu Ginjal dengan Jeruk Nipis

Batu ginjal merupakan sekumpulan batu kecil yang mengkristal di saluran kencing pria ataupun wanita. Masalah batu ginjal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, antara lain :

Kurang mengonsumsi air putih yang berdampak sedikitnya jumlah urine yang dikeluarkan.
Adanya endapan batu pada saluran kemih akibat urine mengandung garam yang pekat.
Terlalu lama menahan kencing sehingga urine menjadi pekat.
Banyak mengonsumsi kalsium dan vitamin D yang tak larut sepenuhnya.
Banyak zat kimia dalam urine.

Seiring berjalannya waktu, ancaman batu ginjal akan semakin menunjukkan peningkatan. Maka dari itu, masalah seperti ini harus segera Anda tangani.

Baru-baru ini muncul riset yang menyebutkan bahwa jeruk nipis bisa mencegah pembentukkan batu ginjal.

Jeruk ini bukanlah sembarang jeruk. Jeruk nipis atau Citrus auranfolia memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal, terlebih batu ginjal kalsium. Mengapa demikian? Karena buah ini diperkaya oleh kandungan asam sitrat sehingga mampu menghambat pengendapan kalsium dalam ginjal.

Sitrat yang terkandung di dalam jeruk nipis lokal 10 kali lebih besar jika dibandingkan sitrat yang terkandung di dalam jeruk keprok atau 6 kali jeruk manis. Waktu yang baik untuk mengonsumsi jeruk nipis yaitu di malam hari, karena di malam hari adalah saat di mana tubuh sudah sedikit beraktivitas. sehingga lebih efektif untuk meminumnya di malam hari (setelah makan).

Pengidap batu ginjal mempunyai kadar sitrat rendah sehingga lebih beresiko mengalami batu ginjal. Menurut dr. Dharmeizar, Sp. PD-KGH jeruk nipis mengandung asam sitrat yang berguna bagi pengidap batu ginjal. Untuk memperoleh khasiat dari jeruk nipis, pengidap batu ginjal harus mampu mengonsumsi segelas air yang sudah dicampur dengan perasan 2 buah jeruk nipis.

Selain jeruk nipis, ada juga cara lain yang bisa mencegah pembentukan batu ginjal yaitu dengan cukup mengonsumsi air putih dan menerapkan gaya hidup sehat serta tidak mengkonsumsi obat tanpa melakukan pemeriksaan terhadap fungsi ginjal terlebih dahulu.

Dr. Dharmeizar berpesan untuk selalu mengkonsumsi air putih dua liter perhari agar urine encer dan tak berbentuk kristal. Disarankan juga untuk mengurangi makanan berprotein tinggi yaitu sekitar 50 gram protein perhari.

Sebetulnya kebutuhan cairan tubuh sudah terpenuhi dengan hanya konsumsi air putih. Namun, untuk memperoleh elektrolit cukup Anda bisa mengonsumsi buah pepaya dan pisang.

Sumber : http://www.beritaharianmu.com/tanaman-obat-penghancur-batu-ginjal/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *