Rupiah Rabu pagi bergerak melemah 15 poin

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu pagi, bergerak melemah sebesar 15 poin jadi Rp13. 315, dibanding terlebih dulu pada posisi Rp13. 300 per dolar AS.

Rupiah Rabu pagi bergerak melemah 15 poin

Kurs Bank BCA alami pelemahan di dalam antisipasi pelaku pasar uang pada ketentuan instansi pemeringkat Standard & Poors (S&P) sehubungan dengan peringkat Indonesia, ” kata Analis PT Platon Niaga Berjangka Lukman Leong di Jakarta, Rabu.

Menurut Lukman Leong, pelaku pasar condong melepas beberapa aset berdenominasi rupiah seraya menunggu ketentuan S&P itu. Kondisi itu yang bikin gerakan rupiah condong ada di ruang negatif.

Ia menyampaikan kalau S&P adalah hanya satu instansi pemeringkat yang belum memberi level layak investasi atau juga ” investment grade ” pada Indonesia. Peringkat Indonesia sekarang ini ada di level BB+ (double B plus) dengan outlook positif.

” Bila S&P menambah peringkat Indonesia jadi kesempatan untuk rupiah untuk kembali bergerak ke ruang positif bakal terbuka, ” tuturnya kepada situs KursDollar.co.id.

Disamping itu, ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta memberikan kalau pelemahan rupiah relatif terbatas bersamaan dengan fundamental ekonomi domestik yang baik hingga makin memperkuat harapan kenaikan peringkat dari S&P.

Di segi lain, lanjut Rangga Cipta, ekspektasi kenaikan suku bunga AS (Fed Fund Rate) pada Juni 2017 yang akan datang yang pernah kuat, dan juga sekarang ini mulai melunak juga ikut menahan animo dolar AS lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *