Sejarah Singkat Desain Kit Sepak Bola di Inggris dan Skotlandia

Periode Victoria (1857-1899)
Permainan sepak bola umumnya dianggap berkencan kembali dengan permainan sepak bola massa yang dimainkan di Abad Pertengahan antara desa-desa yang bersaing tanpa peraturan dan dengan pemain tak terbatas di masing-masing pihak. Pertandingan sepak bola Royal Shrovetide adalah kelangsungan hidup dari bentuk prediksi bola hari ini permainan awal ini. Namun, beasiswa modern mengungkapkan bahwa permainan sisi kecil, yang dimainkan oleh prediksi bola malam ini para pemuda sesuai dengan peraturan yang disepakati secara lokal, biasa terjadi dan karena itu, sebagian besar tidak tercatat.

Aturan sepak bola yang pertama diakui ditetapkan oleh sekolah umum Inggris untuk mengatur kompetisi antar rumah dan secara keseluruhan terbagi menjadi dua kelompok; permainan penanganan yang dikembangkan di Rugby School dan permainan dribbling yang muncul dari Eton, walaupun sekolah lain seperti Harrow, Winchester, Uppingham, Shrewsbury, Marlborough dan Charterhouse semua memiliki versi mereka sendiri. Sesuai dengan filosofi sekolah umum saat itu, permainan ini sangat keras.

tim sepak bola charterhouse 1863Ketika para remaja putra dari sekolah-sekolah ini pergi ke universitas mereka membentuk klub sepak bola namun permainan turun menjadi kacau karena tidak ada konsensus mengenai peraturan tersebut. Upaya pertama untuk menyusun seperangkat peraturan seragam diadakan di Universitas Cambridge pada tahun 1848. Meskipun dokumen asli hilang, satu set Aturan Cambridge dari tahun 1856 bertahan di perpustakaan Shrewsbury School.

Klub sepak bola pertama juga muncul sekitar saat ini, terutama Sheffield FC (1857 – klub tertua di dunia), Hallam (1860) dan Notts County (1862). Hal ini menyebabkan perkembangan peraturan lokal (khususnya “Aturan Sheffield” dan “Aturan Nottingham”), yang diadopsi secara luas oleh klub yang baru muncul di utara dan selatan. Klub tertua Skotlandia, Queen’s Park juga mengembangkan kode unik mereka sendiri. Mayoritas permainan berlangsung di dalam klub, sekolah atau universitas dan butuh beberapa waktu untuk memahami pertandingan antar klub. Ketika mereka melakukan tim mungkin terdiri dari 9 sampai 18 pemain dan biasanya ada kode yang berbeda untuk digunakan pada babak pertama dan kedua.

Tidak ada peralatan seragam: pemain akan berubah dalam bentuk apapun yang harus mereka tangani dan tim akan dibedakan dengan mengenakan topi, selendang atau ikat pinggang warna khas kriket putih (banyak klub dibentuk oleh kriket yang mencari permainan tim untuk musim dingin) atau apapun pemain lain harus tangan. Referensi pertama untuk “warna” berasal dari peraturan Sheffield FC pada tahun 1857, yang menyatakan:

“Setiap pemain harus menyediakan topi flanel merah dan biru tua, satu warna untuk dikenakan di setiap sisinya.”

Pada tahun 1863, pemain utama membentuk Asosiasi Sepak Bola dan menyusun set pertama undang-undang nasional permainan, yang mengikuti Cambridge Rules dan peraturan Sheffield Club. Penonton umumnya dianggap sebagai pengganggu dan permainannya adalah pencarian yang kuat untuk pria dari sekolah umum. Klub-klub terkemuka hari ini dibentuk oleh anak laki-laki tua dari sekolah umum utama (Old Etonians, Old Carthusians dll), oleh petugas yang bertugas di Angkatan Darat (Royal Engineers) dan di Universitas Oxford dan Cambridge.

scotland 1872 team photoPengenalan Piala FA Inggris pada tahun 1871-72 menandai titik balik karena dibutuhkan semua tim yang berpartisipasi untuk bermain dalam FA Rules. Selanjutnya, kesulitan untuk mengatakan kepada dua tim terpisah mendorong satu koresponden surat kabar melaporkan penampilan Birmingham Association di Piala FA untuk ditulis pada tahun 1879:

“Dalam sepak bola, ini adalah poin yang paling penting bahwa anggota satu tim harus dibedakan dengan jelas dari lawan yang lain. Satu-satunya cara ini dapat dilakukan adalah agar setiap klub memiliki seragam yang berbeda karena keragaman pakaian yang ditampilkan kemarin tidak hanya bingung dengan anggota tim tapi penonton tidak bisa mengatakan apakah seorang pria termasuk dalam satu tim atau yang lain. ”

Kit seragam pertama mulai muncul sekitar tahun 1870. Di Inggris warna-warna sering menjadi milik sekolah umum dan klub olahraga yang dengannya permainan dikaitkan: Blackburn Rovers mengenakan kaus putih yang dihiasi dengan Salib Maltese dari Shrewsbury School, di mana beberapa di antaranya Pendiri dididik. Membaca pertama kali dimainkan dengan warna pink salmon, biru pucat dan warna-warna cerah dari klub dayung yang menelurkannya. Caps, cowls dan tutup kepala lainnya adalah de rigeur sepanjang dekade ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *