Tamagoyaki, Resep Telur Dadar Gulung Ala Jepang

Tamagoyaki, Resep Telur Dadar Gulung Jepang

Sebagai bahan makanan yang mudah dimasak, telur kerap menjadi salah satu menu darurat saat lapar melanda dan tidak ada lauk yang membuat selera. Bahan pangan kaya protein ini sudah cukup nikmat hanya dengan di goreng model ceplok, scramble, atau telur dadar. Kita juga bisa mencampurkannya pada hidangan lain sebagaiĀ  topping misalnya untuk campuran nasi goreng, mi goreng, mi rebus, olahan kwetiaw, bubur ayam, dan banyak lagi. Ya, beberapa jenis makanan terasa kurang lengkap tanpa kehadiran telur. Bagi Anda yang tidak pandai memasak, salah satu menu telur yang paling mudah dibuat adalah dadar telur. Berbeda dengan telur ceplok yang sulit ditangani, telur model dadar jauh lebih mudah dibuat.

Telur dadar lebih mudah dibuat karena tidak mencipratkan minyak saat menggorengnya. Kesulitan memasak telur ceplok yang lain adalah menjaga kuning telur tetap utuh saat dibalik. Jika tidak hati-hati, kuning telur akan pecah dan membuat tampilannya terkesan berantakan. Olahan telur dengan cara didadar memang mudah dibuat, namun, memasak telur dengan cara yang sama setiap hari tentunya akan membuat kita bosan. Nah, agar tidak bosan, kita bisa mencoba masak telur dengan metode dadar yang berbeda. Salah satu metode dadar yang dapat kita buat adalah metode membuat Tamagoyaki, yaitu telur goreng ala Jepang dengan metode dadar yang unik dan menarik untuk dicoba.

Tamagoyaki adalah salah satu resep telur dadar gulung ala Jepang yang sangat populer. Jika Anda suka membaca manga, menonton anime, drama, dan film Jepang, menu ini pasti seringkali Anda lihat di lunch box yang mereka bawa. Menu ini sepertinya menjadi menu favorit yang tidak boleh ketinggalan. Resep Tamagoyaki sedikit berbeda dengan telur model dadar biasa, cara membuatnya pun sedikit berbeda. Tetapi, jangan khawatir, Anda tetap dapat mempraktekannya di rumah karena caranya cukup mudah diikuti. Ada dua jenis Tamagoyaki yang dapat Anda buat. Jenis yang pertama adalah Tamagoyaki yang dicampur bahan lain seperti wortel, suwiran ayam, smoked beef, dan sebagainya. Jenis yang kedua adalah jenis Tamagoyaki tanpa campuran bahan tersebut.

Bahan yang berbeda antara Tamagoyaki dengan telur dadar biasa ada pada susu. Telur model dadar yang biasa kita buat tidak menggunakan susu sebagai campuran. Hanya murni telur yang dikocok lepas dan diberi garam serta merica sesuai kesukaan. Tamagoyaki menggunakan susu sebagai salah satu bahan campurannya sehingga rasanya lebih lembut dan creamy. Perbedaan juga ada pada cara pembuatan. Teknik menggulung telur pada saat membuat Tamagoyaki sedikit berbeda. Pertama, kita tuangkan 2/3 bagian telur yang sudah dikocok pada wajan teflon panas yang sudah diberi sedikit minyak goreng. Setelah bagian bawah telur cukup kuat, mulai gulung sampai separuh wajan, kemudian tambahkan 1/3 bagian telur dan gulung lagi telur sampai selesai. Hal ini membuat gulungan telur menjadi lebih lebar dan tebal dengan bentuk gulungan yang sempurna.

Anda bisa membuat Tamagoyaki dengan wajan teflon bundar atau kotak sesuai selera. Dalam menggoreng dadar telur ala Jepang ini, Anda bisa mengganti minyak goreng dengan Blueband untuk membuat rasa telur dadar lebih gurih. Margarin yang sudah dipercaya keluarga dalam berbagai olahan makanan ini dapat menggantikan fungsi minyak goreng dalam menumis dan menggoreng telur. Diperkaya dengan beberapa vitamin dan mineral, margarin ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengolah telur secara digoreng termasuk membuat Tamagoyaki yang enak dan disukai keluarga. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *