Tata Cara Menggunakan Bacaan Doa Qunut Saat Sholat Subuh

Jika anda telah meyakini penggunaan doa qunut, maka ketahuilah cara melafalkan dan menghafalkan bacaan doa qunut. Penggunaan doa qunut diyakini sebagai salah satu jenis sunah yang apabila dikerjakana akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dilakukan tidaklah dosa. Namun memang, sebagian golongan masih meragukan penggunaan qunut sebagai tambahan doa terutama untuk sholat subuh. Perbedaan ini seharusnya tidaklah menjadi masalah dan jangan sampai menjadi pemecah belah umat. Namun bagi Anda yang meyakini, haruslah meyakini dengan sepenuh hati dan melakukannya dengan benar. Tata cara sholat subuh dengan menggunakan doa qunut tidaklah diajarkan oleh semua instansi pendidikan. Misalnya saja, jika sekolah atau guru agama yang mengajar tidak meyakini penggunaan doa qunut, pastinya tidak diajarkan bagaimana sholat subuh dengan menggunakan doa qunut.

Bagaimanakah cara menggunakan bacaan doa qunut dalam sholat subuh? Bagi anda yang belum tahu, atau baru belajar agama dan doa qunut, di sini akan diberikan penjelasannya. Untuk lebih jelasnya, simaklah uraian tata cara menggunakan doa qunut dalam sholat subuh berikut ini:

  • Lakukan Persiapan Sholat Subuh Seperti Biasa

Maksudnya, lakukan persiapan sebagaimana akan melakukan sholat subuh. Dimulai dari wudhu, niat, dan melakukan gerakan sholat subuh seperti biasa hingga rokaat pertama.

  • Rokaat Kedua

Pada rokaat kedua adalah waktu untuk membaca bacaan doa qunut. Setelah rukuk, dan berdiri I’tidal beserta doanya, tidaklah langsung dilanjutkan sujud. Sebelum sujud inilah, dibaca doa qunut.

  • Setelah membaca doa qunut selesai, barulah dilanjutkan sujud dan juga melakukan gerakan dan membaca bacaan seperti biasa hingga salam.

Itulah tadi uraian tata cara menggunakan bacaan doa qunut dalam sholat subuh. Untuk Anda yang menjadi imam sholat, pembacaan doa qunut dilafalkan secara kerasa hingga makmum mendengarkannya. Lalu untuk makmum, mengikuti doa bacaan doa qunut imam dengan mengamini. Namun hingga bacaan doa qunut “tsana”, makmum pun tidak hanya mengamini tetapi juga ikut membacanya sendiri. Yang diamine oleh makmum hanyalah pada sholawat dan doa saja. Tidak ada yang sulit, bukan? Yang terpenting, hafalkan terlebih dahulu bacaan qunut yang harus dibaca dengan tajwid yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *