Tempat Wisata Di Kalimantan Timur yang Asri

Kalimantan Timur terkenal sebagai produsen utama penghasil kayu dan minyak. Hal inilah yang menjadikan propinsi menjadi salah satu propinsi yang teknologi industrinya paling maju dibanding dengan propinsi-propinsi di Indonesia yang lain. banyaknya industri minyak dan juga hutan kayu yang terdapat disana serta berbagai pertambangan semakin membuat masyarakatnya sejahtera. Selain kaya akan industri, propinsi ini juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik. Tempat wisata di kalimantan Timur terdiri dari objek wisata alam, wisata budaya, objek wisata sejarah, wisata belanja, wisata kuliner, wisata belanja yang nyaman, wisata olahraga yang menyehatkan, dan masih banyak berbagai wisata menarik lainnya.

Sejarah Munculnya Tempat Wisata Di Kalimantan Timur

Tempat Wisata Di Kalimantan TimurSebelum di datangi oleh suku-suku serawak dan Suku-suku pendatang dari luar Pulau Kalimantan, dulunya wilayah ini masih sangat jarang penduduknya. Bahkan sebelum kedatangan Penjajah Belanda, di pulau ini terdapat beberapa kerajaan seperti kerajaan Kutai (Beragama Hindu), Kesultanan Pasir, Kesultanan Kutai Kartanegara ing Matadipura, serta Kesultanan Bulungan.  Dengan berbagai kebudayaan yang masuk ke wilayah ini maka secara tidak langsung juga mempengaruhi munculnya berbagai tempat wisata bersejarah terkait dengan kebudayaan-kebudayaan tersebut.

Bukit Bangkirai, Tempat Wisata Di Kalimantan Timur Yang Paling Terkenal

Bukit Bangkirai merupakan tempat wisata di Kalimantan Timur yang sangat terkenal di Kalimantan Timur. Bukit ini terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara yang berjarak sekitar 58 Km atau sekitar 1,5 jam dari Kota Balik Papan. Untuk menuju ke tempat ini bisa juga melalui jalur kota Tenggarong, namun jarak yang ditempuh juga lebih jauh yakni sekitar 150 km atau bisa juga melalui jalur kota Samarinda dengan jarak tempuh sejauh 20 km dari Ibu Kota kecamatan Samboja. Wisata yang ditawarkan di Bukit ini adalah pesona hutan hujan tropis dengan berbagai kekayaan flora dan fauna di dalamnya. Suasana hutan yang masih alami dan asri membuat udara yang dihirup terasa sangat sejuk.

Penduduk asli Kalimantan Timur ini sendiri terdiri dari tiga suku yakni suku kutai, Suku Banjar, dan juga Suku Dayak. Selain itu suku terbesar tersebut, ada juga suku-suku lain seperti Suku bugis, Suku Jawa dan juga Suku Makasar. Untuk bahasa yang digunakan di sini juga masih menggunakan bahas bugis dan juga Bahasa Jawa. Dari segi kuliner, tempat ini juga menawarkan begitu banyak olahan kuliner. Diantara berbagai olahan kuliner yang terkenal adalah olahan makanan lautnya. Mayoritas penduduk kalimantan timur sendiri merupakan masyarakat muslim, jadi anda tidak perlu khawatir untuk mencari makanan halal di sana. Demikianlah pembahasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai tempat wisata di kalimantan timur.

Referensi : objektempatwisata.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *