Terumbu Karang Terindah Ada di Raja Ampat

Asal tahu saja para pelancong mania, Raja Ampat merupakan surganya bagi perkembangan terumbu karang. Kawasan atau zona terumbu karang terindah ada di Raja Ampat , mungkin lantaran secara ilmiah air laut dikawasan tersebut memang habitat yang sangat baik bagi terumbu karang. Nah, sesungguhnya ada beberapa kawasan terumbu karang yang kondisinya masih sangat – sangat baik. Bila dihitung dengan prosentase, maka kawasan itu mantap sekali dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%. Secara teritorial, penutupan 90 persen karang hidup itu dapat ditemuai di selat Dampier (selat yang memisahkan Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Timur Selatan dan Kepulauan Wayag www.rajaampatholidays.com.

Lalu tipologi terumbu karang apa saja yang terbit indah di Raja Ampat ? Memang harus diakui bahwa terumbu karang terindah ada di Raja Ampat, dengan variasi pertumbuhan yang baik sekali. Menurut penelitian, tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tipe terumbu tepi ini seolah didisain untuk keperluan penyelaman di pinggiran atau agak tengah dengan dinding laut yang landai dan juga tajam nyaris 90 derajat. Hal ini memberikan tantangn tersendiri bagi para penikmat selam, untuk tak hentinya mengekspose dunia bawah air yang luar biasa itu. Para pelacong mania silahkan ekspose kekayaan nusantara ini, mantap bukan ?

Selain tipe karang tepi dengan rataan curam dan landai diatas, ada juga terumbu karang yang ditemukan dengan tipe atol dan tipe gosong atau taka. Semua mempunyai kekhasannya sendiri – sendiri. Sungguh terumbu karang terindah ada di Raja Ampat itu tak terperikan . Oleh karena itu, bagi anda para pelancong semua, yang tidak punya ketrampilan bisa menyelam pun, terumbu karang juga masih bisa dinikmati secara langsung, yaitu terumbu karang yang ada di kampung Saondarek. Nah, ketika air laut pada posisi surut yang terendah, di sana anda bisa disaksikan langsung hamparan terumbu karang yang indah sekali. Mereka tetap bisa bertahan hidup walaupun berada di udara panas yang terbuka. Mereka juga secara langsung terpapar sinar matahari , mantap silahkan menikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *