Tips Mengatasi Sakit Pinggang

Tips Mengatasi Sakit Pinggang

Tips Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang memang suatu kondisi yang sangat sering di alami oleh kebanyakan orang. Kondisi ini biasa menjadi tanda cedera atau terjadinya masalah pada tulang belakang baik itu tulang nya, otot, ataupun jaringannya.

Sakit pinggang ini bukan hanya menimbulkan rasa sakit saja, tetapi kondisi ini juga bisa menyebabkan timbulnya ketidaknyamanan sehingga aktivitaspun menjadi terganggu.

Meskipun pada umumnya rasa sakit pinggang ini tidak berlangsung lama, tetapi tetap saja perlu diperhatikan secara khusus. Karena sakit pinggang juga bisa berlangsung selama beberapa minggu bahkan sampai berbulan-bulan. Dan yang paling perlu anda waspadai adalah sakit pinggang bisa saja sebagai tanda awal penyakit ginjal.

Sebenarnya banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk pengobatan sakit pinggang. Namun, kebanyakan orang lebih memilih melakukan pengobatan dengan obat-obatan berbahan kimia. Memang obat berbahan kimia mampu menghilangkan rasa sakit dengan cepat. Tetapi biasanya hanya menghilangkan rasa nyeri sesaat tanapa memberikan kesembuhan secara total.

Tips Mengatasi Sakit Pinggang

Nah, bagi anda yang saat ini mempunyai masalah dengan sakit pinggang sebaiknya tidak perlu khawatir, berikut ini kami akan memberikan informasi tentang beberapa metode yang bisa dilakukan untuk menyembukan sakit pinggang :

– Latihan dan Olah Raga
Olahraga secara teratur memang sangat dianjurkan untuk kesehatan. Buktinya, ada beberapa gerakan olahraga yang terbukti dapat mengurangi sakit pinggang dan membantu mencegah terjadinya cedera. Jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit pinggang adalah dengan berjalan jarak pendek, Stretch dan melakukan latihan fleksibilitas.

– Terapi Pijat
Sakit yang timbul di sekitar pinggang bisa saja terjadi akibat otot yang tegang. Biasanya kondisi seperti ini bisa diatasi dengan melakukan terapi pijat. Tterapi pijat ini biasanya mampu memperbaiki sirkulasi, merelaksasi otot, dan juga mengurangi sakit yang timbul di sekitar pinggang.

– Kompres
Jika sakit pinggang yang timbul akibat cedera atau trauma otot. Maka, dianjurkan untuk melakukan kompres es. Lakukan kompres sekitar 20 menit dengan catatan anda harus membungkus es dengan kain handuk atau kain tebal agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Jika kondisi tidak kunjung mereda, sebaiknya anda mencoba melakukan kompres dengan air hangat.

– Mandi Air Hangat
Selain terafi dan kompres, untuk mempercepat proses penyembuhan sakit pinggang anda juga bisa dengan mandi air hangat. Karena, air hangat dapat membuat otot-otot yang tadinya tegang atau kaku menjadi mengendur. Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga tubuh akan tetap sehat.

Sumber: http://www.beritaharianmu.com/obat-sakit-pinggang/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *